Senin, 29 Februari 2016

RPP Song Ten Grade

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
     Sekolah                                          : SMP Muhamadiyah 1
Mata Pelajaran                                : Bahasa Inggris
Kelas/semester                                : X/2
Materi pokok                                  : Learning Through Song
Alokasi waktu                                : 2 JP
A.    Kompetensi Inti (KI)
KI  1   :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar (KD):
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar   komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam  melaksanakan komunikasi fungsional.
3.11 Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16 Menangkap makna lagu sederhana.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1  Siswa mampu menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam sebuah lagu.
 4.16.1    Siswa mampu menangkap makna atau pesan dari sebuah lagu sederhana.
 4.16.2    Siswa mampu melengkapi lirik yang kosong sesuai yang ada dalam lagu.
D.    Materi Pembelajaran
Lampiran 1
E.     Metode Pembelajaran:
1.    Pendekatan  : Saintifik (5M)
2.    Metode        : Direct Method                               
F.   Kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
a.       Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengondisikan siap belajar.
b.      Guru mengkondisikan kelas dengan mengecek kelengkapan dan kesiapan (kebersihan) ruang belajar dan sumber belajar.
c.       Guru mengecek kehadiran siswa.
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat mempelajari materi pelajaran.
e.       Guru menyampaikan  pokok-pokok materi pembelajaran
2.      Kegiatan Inti (60’)
a.       Mengamati 5’
·         Siswa mendengar beberapa lirik lagu berbahasa Inggris.
·         Semua siswa menirukan pengucapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar.
·         Siswa mencatat kosakata baru  yang sulit didalam lirik lagu.
b.      Mempertanyakan 10’
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan kosa kata dan pesan dalam lagu.
c.       Mengeksplorasi 10’
·       Siswa melengkapi lirik lagu yang kosong sesuai yang ada dalam lagu.
·       Siswa menjawab arti kosakata dari sebuah lirik lagu.

.
d.      Mengasosiasi  20’
·           Secara individu siswa menganalisis dan menulis pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca/didengar dengan kata- kata sendiri.
e.       Mengkomunikasikan 15’
·           Siswa melaporkan lagu yang sudah dianalis mengenai pesan di dalam lagu tersebut.
3.      Penutup (10’)
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual.
·      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
G.    Penilaian hasil pembelajaran
1.    Teknik      : Tertulis dan Lisan
2.    Bentuk      :  Unjuk Kerja
3.    Instrument:  Latihan soal dan Praktik bernyanyi(Lampiran 2)
H.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.    Media                          :  Video dan lirik lagu.
2.    Alat                             :  Laptop, LCD, Speaker .
3.    Sumber Pembelajaran  Lagu Berbahasa Inggris
                                   





                                                                                   Sukoharjo, 26 Februari 2016
Mengetahui:                                                               
Kepala Sekolah                                                                      Guru  Mata Pelajaran



Nama                                                                                      Nama
NIP:                                                                                       NIP:

Lampiran 1
Materi Pembelajaran
Contoh lagu :
One Big Family
By : Maher Zein
I wonder why you and me fight each other
Don't you see the similarities between us?
Take a minute and see yourself in the mirror
You look like me: those eyes, lips - you can't deny
Pre-chorus:
Have you thought about
Why we look the same?
Why we feel the same?
Don't tell me it's by chance
Chorus:
Oh, you're my brother
You're my sister
We're one big family
Oh, you're my brother
You're my sister
Just one big family
It doesn't matter if you live far away from me
You feel I feel, you bleed I bleed, you cry and I cry
We sleep and dream
Sometimes we're sad, sometimes we're happy
You breathe I breathe
We love, walk, talk and we smile
PRE-CHORUS
CHORUS
I care about you
And I wish you could realise
There's no difference between us two
We're part of one family
No matter how far you are
And even if we don’t know each other
Oh, you and me, me and you, we are one
Chorus
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

Lampiran 2
A.    Exercise
1.      Please fill the correct lyrics below based on the song that you have heared !
One Big Family
By : Maher Zein
I wonder why you and me………… each other
Don't you see the…………between us?
Take a minute and see yourself in the……..
You look like me: those eyes, lips - you can't deny
Pre-chorus:
Have you……… about
Why we look the same?
Why we feel the same?
Don't tell me it's by chance
Chorus:
Oh, you're my brother
You're my sister
We're one….. family
Oh, you're my brother
You're my sister
Just one big family
It doesn't………..if you live far away from me
You feel I feel, you bleed I bleed, you cry and I cry
We sleep and dream
Sometimes we're sad, sometimes we're happy
You ……… I breathe
We love, walk, talk and we smile
PRE-CHORUS
CHORUS
I care about you
And I…….. you could realise
There's no difference………..us two
We're part of one family
No matter how……. you are
And even if we don’t know each other
Oh, you and me, me and you, we are one
Chorus
2.      Find the meaning of some vocabularies below !
a.Fight            :
b.Similarities  :
c.Thought       :
d.Realise         :
e.Difference    
3. What are the moral values from the song entitled “ One Big Family” above. Please  mention at least three moral values !
Rubric Scoring Exercise 1 :
Question number 1 : True x 1
Question number 2 : True x 1
Question number 3 : True x 5
Total score : 30 : 3 = 10

Task
      

Please in a group consist of three students, analyze the meaning and moral value from the song  “ You ‘ve got a friend” in your textbook. Then report the result in front of the class next meeting !
C.     Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                      Indikator  Sikap.


Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab 
Jujur
Santun dalam berkumunikasi
Percaya diri
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
Peduli
responsif
Proaktif
1










2










3










4










Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik


2 komentar:

  1. 1xbet korean sportsbook review - Sportsbet.co.kr
    1xbet korean sportsbook review. Soccer betting lines, picks and odds. Soccer betting lines, 1xbet download picks and odds. Best soccer betting site.

    BalasHapus
  2. Betway Casino & Hotel Map - Las Vegas, NV - Mapyro
    Get directions, 수원 출장마사지 reviews and information for Betway Casino 세종특별자치 출장샵 & Hotel in Las Vegas, NV. Casino at 과천 출장안마 the Northstar Hotel 공주 출장안마 and Casino, Las 광양 출장마사지 Vegas.

    BalasHapus