RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Muhamadiyah 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester :
X/2
Materi pokok :
Learning Through Song
Alokasi waktu :
2 JP
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD):
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.11 Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lagu.
4.16 Menangkap makna lagu
sederhana.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Siswa mampu menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam sebuah lagu.
4.16.1 Siswa mampu menangkap makna
atau pesan dari sebuah lagu sederhana.
4.16.2
Siswa mampu melengkapi lirik yang kosong sesuai yang ada dalam lagu.
D.
Materi Pembelajaran
Lampiran 1
E. Metode Pembelajaran:
1. Pendekatan : Saintifik (5M)
2. Metode : Direct
Method
F. Kegiatan pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan (10’)
a.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan
mengondisikan siap belajar.
b.
Guru mengkondisikan kelas dengan mengecek
kelengkapan dan kesiapan (kebersihan) ruang belajar dan sumber belajar.
c.
Guru mengecek kehadiran siswa.
d.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
memberikan penjelasan tentang manfaat mempelajari materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan pokok-pokok materi pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti (60’)
a. Mengamati 5’
·
Siswa mendengar beberapa lirik
lagu berbahasa Inggris.
·
Semua
siswa menirukan pengucapan
dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar.
·
Siswa
mencatat kosakata baru yang sulit
didalam lirik lagu.
b. Mempertanyakan 10’
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan kosa kata dan pesan dalam lagu.
c.
Mengeksplorasi
10’
·
Siswa melengkapi
lirik lagu yang kosong sesuai yang ada dalam lagu.
·
Siswa menjawab arti kosakata dari sebuah lirik
lagu.
.
d. Mengasosiasi 20’
·
Secara individu siswa menganalisis dan menulis pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca/didengar dengan kata-
kata sendiri.
e. Mengkomunikasikan 15’
·
Siswa melaporkan lagu yang sudah dianalis mengenai pesan di dalam lagu tersebut.
3.
Penutup
(10’)
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
·
Melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian tugas individual.
·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
G. Penilaian hasil pembelajaran
1.
Teknik : Tertulis dan Lisan
2.
Bentuk : Unjuk
Kerja
3.
Instrument: Latihan soal dan Praktik bernyanyi(Lampiran 2)
H.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media : Video dan lirik lagu.
2.
Alat : Laptop, LCD, Speaker .
3.
Sumber
Pembelajaran :
Lagu Berbahasa Inggris
Sukoharjo, 26 Februari 2016
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Nama
Nama
NIP:
NIP:
Lampiran 1
Materi
Pembelajaran
Contoh lagu
:
One Big Family
By : Maher Zein
I wonder why you and me fight each other
Don't you see the similarities between us?
Take a minute and see yourself in the mirror
You look like me: those eyes, lips - you can't
deny
Pre-chorus:
Pre-chorus:
Have you thought about
Why we look the same?
Why we feel the same?
Don't tell me it's by chance
Chorus:
Chorus:
Oh, you're my brother
You're my sister
We're one big family
Oh, you're my brother
You're my sister
Just one big family
It doesn't matter if you live far away from me
It doesn't matter if you live far away from me
You feel I feel, you bleed I bleed, you cry and I
cry
We sleep and dream
Sometimes we're sad, sometimes we're happy
You breathe I breathe
We love, walk, talk and we smile
PRE-CHORUS
CHORUS
I care about you
PRE-CHORUS
CHORUS
I care about you
And I wish you could realise
There's no difference between us two
We're part of one family
No matter how far you are
And even if we don’t know each other
Oh, you and me, me and you, we are one
Chorus
Chorus
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan
pesan moral
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang
menginspirasi.
Lampiran 2
A.
Exercise
1.
Please
fill the correct lyrics below based on the song that you have heared !
One Big Family
By : Maher Zein
I wonder why you and me………… each other
Don't you see the…………between us?
Take a minute and see yourself in the……..
You look like me: those eyes, lips - you can't
deny
Pre-chorus:
Pre-chorus:
Have you……… about
Why we look the same?
Why we feel the same?
Don't tell me it's by chance
Chorus:
Chorus:
Oh, you're my brother
You're my sister
We're one….. family
Oh, you're my brother
You're my sister
Just one big family
It doesn't………..if you live far away from me
It doesn't………..if you live far away from me
You feel I feel, you bleed I bleed, you cry and I
cry
We sleep and dream
Sometimes we're sad, sometimes we're happy
You ……… I breathe
We love, walk, talk and we smile
PRE-CHORUS
CHORUS
I care about you
PRE-CHORUS
CHORUS
I care about you
And I…….. you could realise
There's no difference………..us two
We're part of one family
No matter how……. you are
And even if we don’t know each other
Oh, you and me, me and you, we are one
Chorus
Chorus
2.
Find the meaning of some vocabularies below !
a.Fight :
b.Similarities :
c.Thought :
d.Realise :
e.Difference
3. What are the moral values from the song entitled “
One Big Family” above. Please mention at
least three moral values !
Rubric Scoring Exercise 1 :
Question number 1 : True x 1
Question number 2 : True x 1
Question number 3 : True x 5
Total score : 30 : 3 = 10
Please in a group consist of three
students, analyze the meaning and moral value from the song “ You ‘ve got a friend” in your
textbook. Then report the result in front of the class next meeting !
C.
Lembar Pengamatan
Sikap Peserta didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Bertanggung jawab
|
Jujur
|
Santun dalam
berkumunikasi
|
Percaya diri
|
Kedisiplinan dalam tugas
|
Nilai rata-rata
(kualitatif/huruf).
|
Peduli
|
responsif
|
Proaktif
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang 3 = Cukup 5 = Amat Baik
2 = Kurang 4 = Baik
1xbet korean sportsbook review - Sportsbet.co.kr
BalasHapus1xbet korean sportsbook review. Soccer betting lines, picks and odds. Soccer betting lines, 1xbet download picks and odds. Best soccer betting site.
Betway Casino & Hotel Map - Las Vegas, NV - Mapyro
BalasHapusGet directions, 수원 출장마사지 reviews and information for Betway Casino 세종특별자치 출장샵 & Hotel in Las Vegas, NV. Casino at 과천 출장안마 the Northstar Hotel 공주 출장안마 and Casino, Las 광양 출장마사지 Vegas.